SOAL LATIHAN POROS MARITIM
1. Sejarah perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia dapat dibedakan atas 5 masa :
a. Masa kerajaan
b. Masa penjajahan
c. Masa orde lama
d. Masa orde baru
e. Masa reformasi
Jelaskan kelima masa tersebut!
JAWABAN : a. Masa kerajaan
Seperti yang kita tahu, dahulu Indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari berbagai macam kerajaan dan pada masa ini juga terjadi perkembangan dalam dunia matritim. Hal ini bisa kita lihat ketika kerajaan Sriwijaya berkuasa pada abad ke-6 hingga 10 Masehi, kerajaan ini berhasil menguasai seluruh jalur pedangan maritim di Asia Tenggara. Melalui Selat Malaka dan Selat Sunda. Disusul pada abad ke-13 hingga 16 Masehi kerajaan Majapahit berhasil melakukan kegiatan ekspor rempah-rempah dengan pelabihan tersibuk di daerah Bubat dan Canggu. Selain itu, pada masa kerajaan ini juga terjadi Sumpah Palapa yang isinya ingin menyatukan wilayah-wilayah yang ada di Nusantara.
b. Masa penjajahan
Indonesia memasuki masa kolonialisme atau sering dikenal dengan masa pejajahan yang dimulai sejak Belanda masuk ke Indonesia hingga masa kependudukan Jepang. Pada masa ini, terjadi kemunduran maritim di Indonesia. Kolonialisme dan imperialisme Belanda mulai masuk pada tahun1595 yang pada awalnya hanya untuk berdagang. Selanjutnya pada tahun 1602 dibentuklah VOC yang akhirnya bisa menguasai jalur perdagangan dan sumber daya milik Indonesia. Jepang yang pada awalnya mengaku sebagai saudara yang akan membebaskan Indonesia dari jerat kolonialisme Belanda, ternyata sama saja melakukan penjajahan. Pada masa ini jepang menyita kapal penting Indonesia bernama Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) dan menjadikan jalur sutra perdangan Internasional di Indonesia menjadi jarang dilalui kapal-kapal asing.
c. Masa Orde Lama
Masa orde lama terjadi pada masa kepemimpinan presiden Ir. Soekarno. Pada masa ini terjadi penataan kembali jalur maritim. Karena seperti yang kita ketahui, Indonesia berada pada jalur sutra perdangan Internasional. Jika potensi itu dimaksimalkan maka Indonesia menjadi negara yang besar. Upaya yang dilakukan untuk penataan kembali kondisi maritim Indoneisa, melalui dua tahap, yaitu pembentukan Deklarasi Djuanda yang berisikan hukum laut Indonesia dan pentingnya sektor ekonomi maritim, dan melakukan nasionalisasi perusaahan maritim Belanda.
d. Masa Orde Baru
Masa orde baru dimulai ketika masa kepemimpinan presiden Soeharto. Pada masa ini terjadi peralihan pembangunan dari sektor maritim ke sektor darat. Akibat peralihan pembangunan yang dilakukan pada masa ini, maka terjadi kemunduran kembali pada sektor maritim.
e. Masa Reformasi
Masa reformasi dimulai ketika presiden Soeharto turun jabatan dan digantikan oleh wakilnya pada saat itu, yaitu bapak B.J Habibie. Pada masa ini mulai dibangkitkan kembali sektor maritim di Indonesia. Karena wilayah Indonesia yang berada pada jalur tranportasi perdangan dunia. Pada era presiden B.J Habibie, Indonesia melakukan Deklarasi Bunaken. Pada era presiden Abdurrahman Wahid, mendirikan Departemen Eksplorasi Laut. Pada era presiden Megawati Soekarno Putri, mengadakan Deklarasi Maritim Seruan Sunda Kelapa. Pada era preisden Susilo Bambang Yudhoyono, mengadakan Konferensi Laut Dunia. Pada era Joko Widodo, menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.
2. Tuliskan pengertian dan tujuan dari tol laut Indonesia !
JAWAB : Tol Laut adalah konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.
3. Alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) di bedakan atas 3 yaitu ALKI 1, ALKI 2, ALKi 3. Jelaskan lah ke 3 ALKI tersebut!
JAWAB : Alur Laut Kepulauan Indonesia adalah Alur laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. ALKI terbagi menjadi 3, yakni ALKI I, ALKI II, dan ALKI III. Khusus untuk ALKI III terbagi lagi menjadi 3, yaki IIIA, IIIB, dan IIIC.
1. ALKI I melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudra Hindia.
2. ALKI II melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, Selat Lombok.
3. ALKI III A : Laut Sawu - Selat Ombai - Laut Banda - Laut Seram - Laut Maluku - Samudera Pasifik.
4. ALKI III B : Laut Timor - Selat Leti - Laut Banda - Laut Seram - Laut Maluku - Samudera Pasifik.
5. ALKI III C : Laut Arafuru - Laut Banda - Laut Seram - Laut Maluku - Samudera Pasifik.
4. Kenapa Selat Malaka sangat berperan dalam transportasi dan perdaganga??
JAWABAN : lat Malaka adalah salah satu daerah paling rentan di dunia karena potensinya yang tinggi untuk konflik politik, pembajakan, dan bencana ekologis. Selat Malaka tidak hanya saluran untuk lalu lintas laut dari Timur ke Barat atau Barat ke Timur, tetapi juga persimpangan budaya dan masyarakat. (Gerke Solvey)
Integrasi ekonomi regional yang lebih dekat, komunikasi lintas-selat meningkat. Jejaring sosial lintas batas beragam secara etnis tetapi terintegrasi erat. (Chaudhuri, K.N.) Oleh karena itu, Selat Malaka memiliki peluang besar bagi perkembangan ekonomi dan sosial negara-negara pesisir seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Selain itu, perdamaian dan stabilitas di kawasan ini merupakan prasyarat untuk pembangunan regional, untuk pasokan energi yang tidak terputus dan perdagangan internasional antara kawasan Uni Eropa dan Asia Timur.
5. Jelaskan keuntungan dari adanya letak astronomis, geografis, geologis, geomorfologi??
JAWAB :
Letak geologis = menyebabkan Indonesia mempunyai banyak gunung berapi, sehingga banyak di Indonesia yang kesuburan tanahnya cukup tinggi.
Letak geografis = menyebabkan wilayah Indonesia dilalui oleh jalur perdagangan Internasional baik laut maupun udara.
Letak astronomis = Berdasarkan garis lintang, Indonesia berada di wilayah iklim tropis, akibatnya Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Sedangkan berdasarkan garis bujur, Indonesia dibagi menjadi 3 daerah waktu yaitu, Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).
Letak geomorfologis adalah letak suatu wilayah yang dilihat berdasarkan morfologinya (bentuk muka bumi), yang dipengaruhi oleh letak geologis wilayah itu sendiri. Letak geomorfologis Indonesia berdasarkan bentuk permukaan bumi membagi Indonesia seperti dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, dan lain-lain. Keuntungan yang didapat antara lain memiliki jenis flora dan fauna yang beragam, kemudian membuat panorama yang indah sehingga cocok untuk dijadikan potensi wisata.
PILIHAN GANDA
Perhatikan Pernyataan nomor 1 sampai 4.
1. miliki garis pantai terpanjang kedua di dunia
2. memiliki potensi perikanan laut yang tinggi
3. terdapat banyak spot pertambangan minyak bumi dan batubara
4. potensi wisata bahari sangat tinggi potensi bencana hidrometeorologi cukup tinggi
Dampak positif terkait karakteristik wilayah Indonesia yang miliki garis pantai terpanjang kedua di dunia adalah
A. 1, 2, dan 3 benar
B. 1 dan 3 benar
C. 2 dan 4 benar
D. 4 benar
E. semua benar
Pembahasan Soal:
Salah satu karakteristik wilayah Indonesia adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Karakteristik wilayah ini banyak memberikan dampak terhadap Indonesia, baik secara kultural, sosial, maupun ekonomi. Dampak positif yang dapat dirasakan dengan karakteristik wilayah ini diantaranya adalah besarnya potensi perikanan laut serta terbukanya potensi wisata bahari di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
0 komentar:
Posting Komentar